Pengertian Desain Pesan
Istilah desain atau merancang adalah menunjukan suatu proses analisis
yang sengaja dilakukan dan terpisah dari proses pelaksanaan desain itu
sendiri. Desain pesan pembelajaran berbeda dari peristiwa pembelajaran
yang sesungguhnya. Desain menunjukkan adanya suatu proses dan suatu
hasil. Sebagai suatu proses desain pesan sengaja dilakukan mulai dari
analisis masalah pembelajaran hingga pemecahan masalah, yang dirumuskan
dalam bentuk produk. Produk yang dihasilkan dapat dalam bentuk
prototipe, naskah atau stroryboard, dsb.
Dalam definisi teknologi
pembelajaran yang dikemukakan oleh seels dan richey (1994), desain
diartikan sebagai proses untuk menentukan kondisi belajar. Sedangkan
tujuan desain untuk menciptakan strategi dan produk pembelajaran baik
pada tingkat makro, seperti program dan kurikulum, maupun pada tingkat
mikro seperti pelajaran dan modul. Dalam domain teknologi pendidikan,
kawasan desain meliputi 4 cakupan utama dari teori dan praktek.
Diidentifikasi karena masih dalam lingkup pengembangan penelitian dan
teori. Yaitu meliputi studi mengenai desain sistem pembelajaran, desain
pesan, strategi pembelajaran, dan karakteristik siswa.
Mengenai desain pesan meliputi perencanaan untuk merekayasa bentuk
fisik dari pesan atau informasi, yang mencakup prinsip-prinsip
perhatian, persepsi dan daya serap yang mengatur penjabaran bentuk fisik
dari pesan atau informasi, agar terjadi komunikasi antara pengirim dan
penerima. Fleming dan Levie membatasi pesan pada pola-pola isyarat atau
simbol yang memodifikasi perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor.
Desain pesan berurusan dengan tingkat paling mikro melalui unit-unit
kecil seperti bahan visual, urutan, halaman, dan layar secara terpisah.
Karakteristik lain dari desain pesan adalah harus bersifat spesifik baik
terhadap medianya maupun tugas belajarnya yang mengandung arti bahwa
prinsip-prinsip desain pesan akan berbeda tergantung pada apakah
medianya bersifat statis, dinamis, atau kombinasi dari keduanya (potret,
film, atau grafik komputer). Juga apakah tugas belajarnya berupa
pembentukan konsep atau sikap, pengembangan ketrampilan atau strategi
belajar, ataukah menghafalkan informasi verbal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar